Translate

BOBOT AYAM MENINGKAT, UNTUNG BERLIPAT

Agus Sulistiyarso (Peternak Ayam Pedaging)
Desa Dlimas, Kec. Banyu Putih, Kab. Batang
Jawa Tengah

Agus Sulistiyarso adalah seorang peternak ayam khususnya ayam pedaging yang telah menggunakan produk PT NASA selama 3 periode. Populasi ayam miliknya berjumlah 7000 ekor. Umur ayam saat ini menginjak 31 hari. Produk PT NASA yang digunakan diantaranya POC NASA, Hormonik, Viterna.
Produk PT NASA yang sudah dihabiskan yakni:
POC NASA 13 botol, Viterna 22 botol, dan Hormonik 7 botol.
ayam-broiler-nasa-hemat-pakan-kesawahlagi.com

Untuk 7000 ekor ayam sampai dengan umur 31 hari ini, cara pemakaian produk NASA ada 2 tahapan:

  • Umur 1-15 hari menggunakan campuran : POC NASA 1 botol, Viterna 1 botol, dan Hormonik 40 cc. 2). 
  • Umur 15 – panen menggunakan campuran : POC NASA 1 botol, Viterna 2 botol, dan Hormonik 50 cc.

Dosis pemberiaannya : 1 cc campuran produk NASA tersebut dicampur 1 liter air minum atau 10 cc campuran produk NASA dicampur 10 liter air minum. Perkembangan ayam sangat luar biasa setelah menggunakan produk PT NASA, ayam pedaging mengalami kenaikan napsu makan yang drastis. Kenaikan konsumsi pakan tersebut diikuti dengan pertambahan berat badan pula, sehingga tidak terjadi pemborosan pakan. “Perkembangan ayam meliputi kesehatan dan berat badannya semakin bagus dan luar biasa”, demikian ungkap Agus Sulistiyarso.

Pada siklus pemeliharaan sebelumnya, dengan populasi 7000 ekor ayam, menghabiskan 451 zak pakan dalam masa 34 hari. Sebelum dan sesudah menggunakan produk PT NASA jumlah yang dihabiskan dalam kisaran yang sama. Akan tetapi pertumbuhan ayam lebih cepat daripada sebelum memakai produk PT NASA. Dengan demikian setelah menggunakan produk NASA, penghasilan yang diperoleh otomatis meningkat. 

Pada saat penimbangan, dilakukan sampling pada ayam umur 31 hari yang dilakukan secara acak pada 10 ekor ayam. Pada penimbangan pertama, setelah ditimbang mendapatkan bobot 20 Kg, sehingga rata-rata berat ayam 2 Kg/ekor. Pada penimbangan kedua, mendapatkan bobot 19 Kg, sehingga rata-rata 1,9 Kg/ekor. Dengan demikian hasil sampling ayam umur 31 hari jika digabungkan maka menghasilkan berat rata-rata 1,95 Kg. Pada siklus yang lalu, sebelum menggunakan produk NASA pada umur 35 hari berat rata-rata 1,9 Kg. Sedangkan yang telah menggunakan produk NASA pada umur 31 hari saja sudah mencapai 2 Kg dengan konsumsi pakan yang sama.



Berikut data yang lain:

  • Angka kematian, sebelum menggunakan produk NASA mencapai 6,2%. Setelah menggunakan produk PT NASA angka kematian hanya mencapai 5,17% (menurun 1,03%). 
  • Angka FCR sebelum menggunakan produk PT NASA sebesar 1,8 setelah menggunakan produk PT NASA angka FCR hanya 1,68 artinya produk NASA mampu meningkatkan efisiensi pakan. 
  • Sebelum menggunakan produk PT NASA,saat panen jumlah ayam yang tidak layak dijual mencapai 5 – 10 ekor ayam. Setelah menggunakan produk NASA, jumlah ayam yang tidak layak jual maksimal 2 ekor, artinya ayam bisa diangkut atau dijual semua. 
  • Setelah menggunakan produk NASA, kotoran ayam menjadi lebih kering dan baunya berkurang. Hal ini bisa mengurangi masalah sosial.
  • Sebelum menggunakan produk PT NASA mendapatkan laba Rp. 1.850/ekor. Setelah menggunakan produk NASA mendapatkan laba menjadi Rp. 3.394/ekor. Maka ada selisih laba kotor sebelum dan sesudah menggunakan produk NASA Rp. 1.554. Biaya pembelian produk NASA selama budidaya hanya Rp. 160/ekor. Sehingga ada peningkatan laba bersih yang diperoleh setelah menggunakan produk NASA sebesar Rp. 1.384/ekor. Dengan populasi ayam hidup 6.750 ekor maka peningkatan laba setelah memakai produk NASA sebesar Rp. 9.342.000,-. menurutnya ini sebuah pencapaian yang luar biasa.



Pengalaman menggunakan produk NASA pada ayam pedaging selain Bapak Agus, juga dirasakan oleh peternak lainnya seperti Bp. Setiawan yang telah pula menggunakan produk NASA. Ia telah membuktikan sendiri akan keunggulan produk NASA pada ayam pedaging miliknya selama 3 periode. Ia mengatakan sejak menggunakan produk NASA selalu memperoleh hasil yang maksimal. Hal itulah yang membuatnya yakin akan produk NASA.

Popular Posts